Selamat Datang dan Terima Kasih atas Kunjungan Anda

Sungguh sangat berharga yang tak terkira apabila, kunjungan anda dapat memberikan masukkan untuk perbaikan Blog ini yang begitu banyak kekurangan....

Jumat, 25 Maret 2011

Sharp Fine Crystal

Telah datang Sharp Fine Crystal C14M2B, kata yang punya mati total..., akibat kemasukkan cecak. Dan terdengar bunyi letupan dan PLN pun turun.....(njeklek).
Aku coba colokin, tapi colokannya aku seri dulu dop 100watt, lampu nyala tapi lama-lama padam, ini wajar karena proses pengisian elco VCC, tapi baru tiga detik dop mati, terdengar "pletak-pletak" beberapa kali, cepat aku cabut colokannya........
Selanjutnya aku siapkan meja bedah berikut peralatan...., dengan diawali Bismillahirrohmaanirrohiim, aku buka cassing TV, mesin TV digeser keluar sedikit untuk melihat jalur yang gak kelihatan/terhalang, terus aku colokin sambil dilihat penyebab suara pletak-pletak itu darimana???  dan wooww ada percikan api di PCB mainboard..., aku telusuri jalur tersebut ternyata jalur B+  nembak ke jalur Ground. Aku cuci/bersihkan lokasi tersebut, mungkin disini tempatnya sang cecak mengalami kematian akibat listrik B+ TV.
Ternyata pembersihan tidak membuat tembakan B+ ke ground berhenti, akhirnya aku potong itu jalur, dan di nonaktifkan, diganti dengan jumper dari kabel....., aku cek lagi...., ups.... masih ada yang nembak, dan aku lihat, ada jalur berjamur, lagi-lagi jalur B+ dengan ground berdampingan, langsung aku nonaktifkan jalur dan ganti lagi dengan jumper....
Dengan sangat hati-hati, ku colokan lagi kabel TV dan dilihat gak ada tembakan, lampu led nyala hijau terus merah, aku diamkan 1 menit sambil ku cari remote universal (krena yg punya gk kasih remot), pijit tombol power di remote dan byaaarrr TV nyala..., tapi sekitar 5 detik pet mati dan byar nyala lagi 5 detik mati lagi....terus gitu. Aku coba teg G2 (screen) dikecilin (gelap/redup)  eeeh TV gak mati-mati...., tapi tampilan gelap..., aku periksa ABL, elco" volt tinggi semua ok!!!!
Aku buka www.beteve.com ada artikel tentang TV fine crystal yang memprotek heater dari over voltage.
Karena sudah suntuk, akhirnya aku mau rehat dulu, aku cabut colokan TV,  lakadalaaaah DOP 100 watt sebagai pengaman masih terpasang,  laah ini rupanya penyakitnya....gak jadi rehatnya..
Aku cabut itu lampu, dan colokan kondisi normal.... aku nyalakan dan Byaaaarrrrr nyala, aku buka lagi screen perlahan, gak mati-mati........  dalam hati sambil menertawai diri sendiri   Good JOB...., dan Alhamdulillaah rehatku tanpa memikirkan penyakit TV trsebut......

7 komentar:

  1. hahaha... aq jg pernah yg demikian, malah cicaknya ada 7 ekor,, udah jadi bangkai smua, baunya ga sedap, apalagi bekas cicaknya kena solder,, wuh baunya,,,bacin...

    BalasHapus
  2. kunjungan sore.. N salam blogger

    BalasHapus
  3. Terimakasih mas Patmin inspiratorku
    juga mas Nugroho dan mas Niponk atas kunjungannya...

    Dengan rasa senang hati saya tunggu sarannya...
    Maklum masih belajar.......

    BalasHapus
  4. hapunten tlat sumping, jadina abdi teu tiasa ngarencangan akang ngubrak ngabrik TV.. ( hehehe )
    salam baktos

    BalasHapus
  5. mas brroo ada yg tau no fiblck tv shap fine finance 21

    BalasHapus